Sabtu, 11 November 2017

Cara Menghapus Atau Uninstall Aplikasi di Linux

Linux menggunakan metode berbeda dari Windows dalam hal menginstal ataupun menguninstal / menghapus aplikasi tertentu. Sobat bisa menginstal aplikasi / software menggunakan Software Center di Ubuntu misalnya atau mungkin dengan mengcompile source code dari aplikasi yang tertentu. Akan tetapi bagaimana dengan cara mengahpus aplikasi tersebut ? Jika sobat memakai Ubuntu dan menginstal aplikasi lewat Ubuntu Software Center maka sobat bisa menghapus aplikasi tersebut dengan mudah. Namun jika sobat menginstal aplikasi menggunakan perintah di terminal misalnya, maka disini saya akan memeberikan cara menghapusnya

Pertama sobat harus mencari nama aplikasi yang akan diuninstal dengan nama yang tepat. Sobat bisa menggunakan perintah “dpkg” di terminal, cukup tekan “Ctrl + Alt + T” untuk membuka terminal. Kemudian ketik perintah berikut dan tekan Enter
 dpkg –list
Kemudian scroll ke atas/bawah untuk mencari nama yang tepat aplikasi yang ingin dihapus di jendela terminal. Perhatikan dengan seksama nama aplikasi tersebut.
Menghapus Aplikasi di Linux
Memilih Aplikasi
Untuk melakukan proses uninstall, sobat bisa menggunakan perintah “apt-get” yang merupakan perintah normal untuk menginstal atau memanipulasi suatu aplikasi.
Sebagai contoh, perintah di bawah ini digunakan untuk menghapus VLC serta semua file konfigurasinya menggunakan perintah “–purge” . Lalu masukkan password, password yang sobat ketik tidak akan muncul di tampilan terminal linux, namun tetap dibaca oleh sistem dan jika sudah selesai tekan Enter.
 sudo apt-get –purge remove vlc
Proses menghapus segera dimulai dan ketika sobat diberi pertanyaan untuk melanjutkan, maka ketik “y” lalu Enter. Ketika prosesnya sudah selesai, sobat bisa langsung menutup jendela terminalnya.
Menghapus Aplikasi Linux
Menghapus Aplikasi Linux
Jika sobat tidak ingin menghapus file konfigurasinya, maka hilangkan perintah –purge menjadi
  sudo apt-get remove vlc
Namun kemungkinan ada berkas yang masih  tertinggal jika menggunakan cara uninstall seperti tadi karena jika software atau aplikasi yang terinstal di Linux menggunakan metode instalasi yang berbeda-beda maka kemungkinan ada berkas yang tidak terpakai tidak ikut di proses uninstall. Untuk menghapus berkas yang tidak berguna tadi, sobat bisa menggunakan perintah “autoremove” seperti contoh di bawah
sudo apt-get autoremove
Menghapus Aplikasi Linux
Sobat bahkan bisa menggabungkan kedua perintah diatas untuk menghapus aplikasi serta berkasnya sekaligus di satu kalimat perintah seperti contoh dibawah
 sudo apt-get purge –auto-remove vlc
Perintah “clean” juga bisa sobat gunakan untuk membersihkan file yang ada di “/var/cache/apt/archives”. Karena setiap sobat menginstal suatu program atau aplikasi maka berkas aplikasi tersebut akan tersimpan di direktori tadi dan tentunya akan menumpuk harddisk jika tetap dibiarkan, apalagi jika berkas tadi berisi aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan oleh sobat. Maka gunakanlah perintah ini untuk menghapusnya.
sudo apt-get clean
Perintah “apt-get” merupakan perintah yang membuat download, instal atau uninstall suatu aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat. Jika sobat ingin tahu secara lengkap apa saja yang bisa dilakukan dengan perintah “apt-get” ini, cukup ketik “apt-get” di terminal lalu tekan enter.
 

0 komentar: